Sword Art Online Fatal Bullet Dlc 2 Makai

Penuh Fan-Service

SAO Fatal Bullet jagatplay part 1 4 1
Menciptakan karakter Anda sendiri, ia hadir dengan cukup banyak opsi.

Berusaha mempresentasikan sebuah seri anime dengan tepat memang bukan pekerjaan yang mudah. Sebagai salah satu basis fans yang cukup fanatik, kekeliruan memang menghasilkan keluhan dan kritik pedas yang siap datang menyerbu. Berita baiknya? Sejauh mata kami memandang, Sword Art Online: Fatal Bullet sepertinya mengeksekusi hampir semua elemen presentasi dengan tepat sasaran. Pendekatan visual yang ia tawarkan memang dengan jelas berusaha memotret daya tarik dari seri animenya, lewat permainan warna dan teknik shading yang ada. Walaupun tidak menawarkan cukup banyak proses modifikasi hingga Anda bisa menciptakan karakter yang Anda inginkan dengan bebas, namun opsi penciptaan karakter yang ia tawarkan cukup lengkap. Ada kesempatan pula untuk mengatur ukuran tubuh, apalagi jika Anda memang berniat menciptakan karakter wanita sebagai karakter utama.

Di atas kertas, sepertinya jelas bahwa Sword Art Online: Fatal Bullet setidaknya berusaha keras untuk melakukan satu hal – memenuhi apa yang diharapkan dari para fans yang ada. Di sini, ia memastikan hal tersebut terjadi. Mulai dari karakter-karakter yang bisa Anda bawa ke dalam pertempuran sebagai karakter party yang dikendalikan oleh AI, kehadiran karakter lawas, tampilan kostum yang bisa Anda kenakan atau karakter lain kenakan, hingga beragam cut-scene yang diusung. Berbeda dengan banyak proyek Bandai Namco sebelumnya yang terasa setengah hati, Fatal Bullet memang terlihat diracik dengan penuh dedikasi tinggi. Banyak momen penting, seperti pertarungan antara Kirito dan Death Gun yang sebenarnya sudah diwakili di versi anime, kini diracik ulang berbasis CGI untuk Fatal Bullet ini.

SAO Fatal Bullet PART 2 jagatplay 79
Ini masuk dalam kategori game "niat' Bandai Namco, mengingat konten fan-service yang ia tawarkan. Termasuk reka ulang adegan animenya dalam bentuk CGI.
SAO Fatal Bullet jagatplay part 1 40
Informasi demi informasi yang hadir akan membantu Anda menangkap gambaran soal semesta SAO dengan cepat.

Satu hal yang menurut kami pantas disoroti adalah betapa bersahabatnya seri ini untuk gamer seperti kami, yang memang tidak pernah menaruh perhatian lebih pada Sword Art Online sebagai sebuah franchise. Sebagai gamer yang tidak terlalu paham soal semesta SAO, langsung melompat masuk ke dalam GGO dan bertemu dengan beragam karakter ikonik yang ada tentu saja bisa berakhir membingungkan. Berita baiknya? Mereka melemparkan cukup banyak informasi dan deksripsi untuk membantu Anda menangkap lebih cepat apa yang terjadi. Informasi dari soal karakter-karakter yang Anda temui dengan seberapa signifikannya mereka dalam semesta atau cerita, informasi soal apa itu GGO, informasi soal konflik yang terjadi dan sistem seperti apa yang diusung dalam permainan, dan banyak lagi. Cukup untuk membuat gamer pendatang baru untuk mengerti dan memahami dengan cepat.

SAO Fatal Bullet jagatplay part 1 82
Ada banyak kostum yang bisa Anda gunakan untuk "mempercantik" karakter Anda. Tidak ada alasan untuk menciptakan karakter pria di SAO: Fatal Bullet ini.
SAO Fatal Bullet PART 2 jagatplay 31
Hhhnnnngggg…

Bagi gamer seperti kami yang datang karena untuk menikmati desain karakter wanita yang ada, fan-service tersebut bahkan lebih intensif. Dari kesempatan untuk mengatur ukuran dada ketika proses penciptaan karakter, hingga desain kostum yang sebenarnya semakin memperlihatkan lekuk tubuh yang sudah Anda desain tersebut. Berita baiknya? Terlepas dari betapa ketatnya sebagian besar kostum yang bisa Anda dapatkan ini, tidak satupun berakhir begitu norak dan sensualnya, hingga ia terasa tidak cocok dengan dunia GGO itu sendiri. Sensualitas yang ditonjolkan masih dalam tahap yang proporsional. Sword Art Online: Fatal Bullet juga menghadirkan sebuah fitur lain bernama "Affection" yang didesain untuk menjadi tolok ukur seberapa dalam hubungan Anda dengan tiap karakter yang ada. Semakin sering Anda membawa dan mengandalkan mereka dalam pertempuran, semakin dalam hubungan, semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan reward menarik di bagian akhir. Kesempatan untuk menikmati scene statis "tidur bareng" seperti yang berhasil kami capai dengan sosok Strea yang satu ini.

Maka acungan jempol yang lain juga pantas diarahkan untuk sebagian besar desain yang ada. Desain dunia yang terlihat masif dan mengancam, sekaligus cukup besar untuk tetap mendorong proses eksplorasi dengan kesibukan untuk terus membunuh musuh yang secara konsisten hadir menghasilkan desain dunia yang tidak monoton. Anda akan terus sibuk, baik ketika sekedar beraksi di setiap area yang ditawarkan ataupun ketika terjun masuk ke dalam dungeon untuk menyelesaikan misi tertentu. Cukup sibuk untuk tidak memikirkan sama sekali apakah dunia yang Anda hadapi memang memanjakan mata atau tidak. Desain user-interface yang ditawarkan juga meninggalkan kesan yang kuat bahwa Anda memang, tengah masuk ke dalam sebuah game MMORPG dengan semua keterbatasannya. Sayangnya, jika ada satu kelemahan dari sisi presentasi yang ada, maka kami sepertinya harus menyoroti desain musuh yang terhitung terbatas. Sayang sekali menemukan bahwa musuh yang Anda hadapi, terutama boss, berakhir dengan pengulangan desain yang sekedar berbeda ukuran, nama, dan warna saja.

SAO Fatal Bullet jagatplay part 1 63
Sesuai tema, desain UI-nya terlihat seperti sesuatu yang Anda temukan di game-game MMO.
SAO Fatal Bullet PART 2 jagatplay 64
Boss besar = robot. Meh.

Namun secara keseluruhan, acungan jempol memang pantas mengarah pada hal yang berhasil dicapai Bandai Namco dengan Sword Art Online: Fatal Bullet ini. Fakta bahwa kami, gamer yang tidak telralu familiar dengan franchise ini masih bisa berakhir menikmati cerita, fan-service, dunia, hingga voice acts karakter yang untungnya tetap mempertahankan versi bahasa Jepangnya, adalah sebuah testimoni dari sebuah eksekusi elemen yang bekerja dengan baik.

"The Division" Wibu

SAO Fatal Bullet jagatplay part 1 123 1
Ini adalah "The Division" versi wibu yang sudah Anda tunggu!

Salah satu bagian yang paling kami sukai dari Sword Art Online: Fatal Bullet ini adalah gameplay itu sendiri. Setia dengan tema utama mereka – Gun Gale Online yang memang diceritakan merupakan sebuah game VRMMORPG dengan senjata api sebagai fokus, Anda berhadapan dengan mekanik gameplay yang benar-benar mewakili hal tersebut. Fatal Bullet adalah sebuah game action RPG yang menjadikan aksi tembak-menembak sebagai fokus. Walaupun tidak persis sama, namun Anda akan menemukan banyak hal yang terasa mirip dengan game action RPG serupa dari Ubisoft – The Division. Bedanya? Alih-alih tentara dan pasukan khusus, Anda kini memerankan karakter wanita anime dengan dada besar dan pakaian ketat yang juga, bergerak cepat untuk menghindari serangan laser yang ada.

Bagian terbaik dari gameplay shooter Fatal Bullet adalah ketidakharusan untuk menikmatinya seperti sebuah game third person shooter, yang biasanya berakhir dengan lebih banyak berlindung di balik tembok dan membidik dengan menghabiskan semua peluru yang bisa Anda keluarkan di satu magazine yang sama. Berita baiknya? Fatal Bullet, sebagai game action RPG, tidak lantas mengadopsi hal tersebut secara mentah begitu saja. Ada adaptasi di sana untuk membuatnya terasa lebih setia dengan tema, sekaligus membuat gameplay-nya menjadi lebih sederhana dan menyenangkan. Ia hadir dengan beragam fitur hipfire.

SAO Fatal Bullet jagatplay part 1 149
Dengan gameplay yang berfokus pada aksi hipfire, gameplay terasa cepat dengan kemampuan untuk menangkap situasi lebih baik.
SAO Fatal Bullet jagatplay part 1 115
Di mode Aim-Assist, selama musuh berada dalam kotak hijau, peluru akan otomatis mengarah ke target terdekat.

Untuk Anda yang tidak terlalu familiar, Hipfire merupakan istilah yang digunakan oleh game action FPS ataupun TPS untuk membicarakan aksi menembak tanpa membidik sama sekali. Ini berarti kita berbicara aksi memuntahkan peluru begitu saja dengan menekan tombol tembak, tanpa mengarahkan arah tembakan secara spesifik dengan fitur khusus yang sudah disediakan. Untuk menjamin gameplay lebih cepat, Sword Art Online: Fatal Bullet hadir dengan beragam fitur hipfire yang fantastis. Ada dua mode untuk itu, Aim-Assist dan Free Mode. Aim-Assist seperti namanya, akan memunculkan satu area kotak berwarna hijau yang cukup luas di layar user-interface, yang akan secara otomatis mengarahkan tembakan Anda pada target khusus. Sementara untuk Free-Mode, Anda lebih bebas menggerakan crosshair untuk membidik, namun tetap berada dalam tampilan orang ketiga.

Dengan sistem seperti ini, Anda bisa memuntahkan peluru secepat mungkin, bergerak dari satu target ke target lainnya tanpa harus dipusingkan dengan aksi membidik. Di sisi lain, ia juga memberikan keuntungan tersendiri pada jarak pandang, yang tentu saja akan mempermudah Anda untuk melihat arah datangnya serangan dan waktu untuk menghindarinya jika dibutuhkan. Walaupun demikian, Fatal Bullet tetap menyediakan satu tombol spesifik untuk melakukan bidik dan tembak jika dibutuhkan. Walaupun tidak akan seakurat sistem Aim-Assist yang tentu saja akan memastikan peluru Anda mendarat selama ia berada dalam jangkauan, sistem bidik yang leluasa ini akan mempermudah Anda untuk mengincar dan menyerang titik lemah musuh. Jika berhasil dan masuk, setiap peluru Anda akan hadir dengan damage critical yang bisa berakhir 2-3x lipat dari damage pada umumnya. Sebuah kerepotan yang tentu saja, pantas untuk dikejar.

SAO Fatal Bullet jagatplay part 1 112 1
Membidik memang sedikit kurang akurat, tetapi memungkinkan Anda menargetkan titik lemah musuh dan mendapatkan damage kritikal.
SAO Fatal Bullet PART 2 jagatplay 45
Ada set skills dan gadgets yang bisa Anda gunakan.

Karakter Anda, seperti game RPG seharusnya, juga akan didukung dengan perangkat tambahan berupa – Skills dan Gadgets. Gadgets bisa diposisikan sebagai equipment pertempuran ekstra, seperti granat dan beragam perlengkapan lain, misalnya. Sementara Skills, yang seharusnya tidak asing lagi bagi gamer pencinta RPG, merupakan serangan khusus berbasis cooldown yang bisa digunakan oleh karakter untuk menghasilkan keuntungan tertentu. Dibagi berdasarkan senjata yang digunakan dan butuh resource untuk diaktifkan, Skills akan terbagi ke dalam tiga kategori besar – Aktif (berupa serangan spesifik), Buff, dan tentu saja Debuff. Kombinasi keduanya akan membantu Anda meraih kemenangan dengan lebih efektif. Melawan banyak musuh, apalagi dengan Shield, tanpa granat? Good luck!

Anda sendiri bisa memilih dan menentukan senjata dan equipment seperti apa yang digunakan oleh karakter Anda dan karakter AI pendukung Anda. Ada beragam kategori senjata untuk digunakan, dari yang lambat hingga yang cepat, dari yang lebih berfokus pada kuantitas peluru hingga yang berfokus pada damage besar, hingga dari range ke melee. Karakter Anda akan diperkenankan untuk membawa dua senjata yang bisa Anda gonta-ganti, dengan kelas dan status berbeda-beda. Kelas senjata biasanya akan menentukan damage seperti apa yang Anda dapatkan, dengan sistem kelangkaan yang juga diadapatasikan di atasnya. Senjata yang langka biasanya hadir dengan rangkaian status dan buff permanen yang lebih kaya dibandingkan senjata biasa. Di titik progress cerita tertentu, Anda juga akan bisa melakukan dual-wielding, yang membuat damage Anda sebagai karakter, tentu saja lebih signifikan.

SAO Fatal Bullet PART 2 jagatplay 43
Dual-wielding FTW!
SAO Fatal Bullet jagatplay part 1 140 2
Grinding EXP Points atau material untuk memperkuat karakter tidak berakhir menjemukan.

Seperti game MMORPG pada umumnya sesuai tema, tentu ada proses grinding untuk memperkuat karakter Anda di sini. Berita baiknya? Tidak akan cukup untuk membuat Anda lelah dan frustrasi mengingat ada begitu banyak alternatif cara untuk mendapatkan material-material yang bisa Anda manfaatkan untuk memperkuat senjata, misalnya. Lewat NPC spesifik, tidak hanya melakukan proses upgrade untuk menambah damage dan efek, Anda juga bisa mengorbankan dan melebur senjata yang tidak Anda pakai untuk mengaplikasikan buff yang ada ke senjata favorit Anda. Kesempatan untuk memperkuat karakter juga hadir dari kesempatan untuk mendistribusikan atribut ke dalam status yang selain mempengaruhi kekuatan karakter Anda, juga mempengaruhi senjata apa yang bisa Anda gunakan. Distribusi status ini juga akan menentukan apakah Anda bisa melakukan dual-wielding senjata tertentu atau tidak.

Kesibukan Anda sendiri akan berakhir dengan skema game RPG standar yang memang tidak terhitung revolusioner. Akan ada misi utama yang perlu Anda selesaikan untuk mendorong progress cerita, yang biasanya akan berisikan musuh-musuh dan boss spesifik dengan level tertentu. Walaupun level tidak harus setara untuk bisa diselesaikan, namun level lebih tinggi untuk mengindikasikan tingkat kesulitan lebih tinggi. Selain misi utama, ada ragam misi sampingan yang akan meminta Anda untuk membunuh monster spesial khusus, berburu NPC berbentuk player yang juga tampil spesial, hingga berburu peti harta karun rahasia yang biasanya tersimpan erat di beberapa sudut sulit peta atau dungeon. Setiap dari mereka akan berkontribusi pada jumlah EXP yang Anda dapatkan serta kesempatan berburu material langka untuk memperkuat senjata Anda. Sementara dari misi berburu harta karun, Anda akan menemukan resep khusus untuk proses crafting pakaian dari Asuna. Yang tentu saja, pada akhirnya, akan tetap membutuhkan Anda untuk berburu material.

Bisa membawa setidaknya 3 karakter AI sebagai pendukung Anda saat bertempur, Anda juga dimudahkan dengan sistem yang diusung oleh Fatal Bullet ini. Memang Anda tidak bisa bertukar karakter dan sejenisnya, namun Anda akan disuguhkan sebuah skema perintah instan yang bisa diakses untuk membuat karakter-karakter AI ini berfokus dan beraksi dalam format tertentu. Anda bisa meminta mereka untuk bergerak sebebas mungkin, berfokus pada healing, atau bahkan berdiam diri jika Anda ingin mereka hanya diam tak bergerak selama proses petempuran. Semuanya dikembalikan pada Anda. Walaupun karakter-karakter ini akan mendapatkan level dan porsi Affection selama dibawa, Anda sayangnya, tidak akan bisa mengatur equipment seperti apa yang mereka usung sekaligus menentukan distribusi atribut pada status layaknya di karakter utama dan karakter AI pendukung Anda.

SAO Fatal Bullet jagatplay part 1 134
Petualangan Anda akan ditemani hingga maksimal tiga karakter AI, yang perintahnya untungnya bisa Anda atur secara instan.
SAO Fatal Bullet PART 2 jagatplay 46
Tidak harus jatuh dari musuh, material juga dijual NPC, namun dengan harga super tinggi.

Salah satu hal yang menarik dari semua proses ini adalah "kemudahan" untuk mendapatkan material yang ada tanpa menuntut Anda melakukan proses grinding yang melelahkan dan menjemukan. Karena tidak seperti game sejenis yang membuat semua material ini berakhir hanya bisa dijatuhkan oleh musuh atau boss tertentu, Fatal Bullet menghadirkan sebuah NPC spesifik untuk menjual hampir sebagian besar material yang ada, bahkan yang terhitung "langka" sekalipun. Sebagai gantinya? Anda harus berkorban uang in-game yang tidak kecil. Untuk satu buah material untuk menaikkan level senjata dari 4 ke 5 misalnya, yang cukup langka, bisa berakhir dengan harga 800.000/material. Walaupun harganya terhitung tak masuk akal, namun dengan fakta bahwa ia cukup "murah hati" menjatuhkan beragam senjata dan aksesoris yang bisa Anda jual, angka ini tidak terlihat sebegitu mustahil untuk dicapai dalam waktu dekat. Lagipula, Anda punya satu asisten "keuangan".

Karakter AI yang bisa Anda beri nama secara bebas namun berakhir dipanggil "Rei" oleh NPC yang lain, bukan sekedar tokoh sentral dalam cerita original yang diusung oleh Fatal Bullet. Ia juga menghadirkan beragam fungsi uniknya sendiri. Selain bisa Anda bawa untuk ikut bertempur dalam aksi misi utama atau sampingan, Anda juga bisa mengatur kepribadian yang ia tawarkan. Apakah Anda ingin ia merespon dalam intonasi yang imut atau serius? Anda bisa menentukan itu. Rei juga punya fungsi pengatur keuangan yang memungkinkan beberapa hal untuk dilakukan. Anda bisa menginvestasikan uang apapun yang Anda dapatkan untuk dibungakan dalam periode tertentu, dengan persentase spesifik. Anda juga bisa memberikan "uang belanja" para Rei untuk membeli item-item yang Anda inginkan, walaupun hasilnya berakhir acak. Dengan sistem pengaturan keuangan seperti ini, harga material super mahal yang terkadang Anda butuhkan, menjadi sesuatu yang biasanya berakhir "terjangkau". Lagipula, akan jarang muncul kondisi dimana Anda akan secara aktif berganti dari satu senjata ke senjata yang lain.

SAO Fatal Bullet jagatplay part 1 76
Si "AI" yang juga beraksi jadi manager keuangan Anda.
SAO Fatal Bullet jagatplay part 1 155 1
Kemampuan untuk melakukan fast travel dari manapun adalah fitur yang pantas disambut dengan tepukan tangan.

Dengan gameplay senjata yang menyenangkan, desain misi yang sederhana, dan proses grinding yang tidak melelahkan, Fatal Bullet sepertinya menawarkan sebagian besar elemen gameplay di posisi yang tepat. Apresiasi khusus juga sepertinya  pantas untuk diarahkan pada sistem Fast Travel yang ia usung. Walaupun Anda akan dibanjiri dengan begitu banyak area dan titik penting, Fatal Bullet melakukan Anda untuk melakukan aksi Fast Travel dari posisi manapun. Anda bisa langsung melompat dari dalam dungeon ke kota ataupun sebaliknya. Satu-satunya yang tidak bisa Anda lakukan hanyalah melompat ketika tengah bertarung dengan musuh, itu saja.

Secara sederhana, Sword Art Online: Fatal Bullet berakhir menjadi game action RPG yang menyenangkan untuk dijajal, apalagi dengan desain cerita yang cukup solid. Namun sayangnya, kelemahannya justru berada di mode multiplayer yang menurut kami, justru jadi catatan kekurangan tersendiri.

Pages: 1 2 3

Sword Art Online Fatal Bullet Dlc 2 Makai

Source: https://jagatplay.com/2018/02/playstation3/review-sword-art-online-fatal-bullet-ternyata-asyik/2/

0 Response to "Sword Art Online Fatal Bullet Dlc 2 Makai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel